KEBEBASAN EKSTRAK DARI " WILL " DENGAN JAY GRIFFITHS WEST PAPUA
ELEUTHERIA.
Saoirse. AZAADI. Azadi. RANGWANG. WOLNOŠC. Freiheit. LIRI. Svoboda.
VRIJHEID. ÖZGÜRLÜK. VABADUS. LIBERTADEA. LA LIBERTAD. LA Liberté.
LIBERTAS.
LIBERTATE
LIBERTATE
Kata-kata
yang sangat untuk kebebasan membuat cincin udara. Kebebasan terkait
dengan udara; airscape adalah melarikan diri, bebas seperti angin.
Friluftsliv (harfiah udara bebas-hidup) adalah istilah Norwegia yang
menggabungkan kebebasan dengan riang saran tentang bagaimana kebebasan
ini sangat penting untuk vitalitas, untuk hidup. Orang-orang Me Papua
Barat (juga disebut Kapauku) sehingga nilai kemerdekaan yang mereka
anggap kebebasan individu menjadi penting untuk kehidupan seseorang.
Tanpa itu, mereka akan mati, itulah sebabnya mereka tidak memiliki
penjara, atau praktek perbudakan.
Menurut
antropolog Leopold Pospisil, mereka percaya bahwa "esensi kehidupan
adalah kerjasama bebas dari tubuh dan jiwa. Setiap gangguan dalam
kerjasama ini membahayakan kehidupan individu. Jiwa (pikiran), ketika
tidak mampu mengendalikan tindakan secara bebas tubuh, menjadi tidak
senang, dan mencoba untuk memutuskan hubungan, sehingga akhirnya
menyebabkan kematian individu "The Me orang tinggal di dataran tinggi
barat, yang, seperti semua. pegunungan, sangat terkait dengan kebebasan
dalam segala bentuknya: udara, angin, penerbangan burung dan sayap
pikiran, karena pikiran memiliki kualitas meluncur, di sini, dan pikiran
manusia membutuhkan gunung-gunung sebagai cermin untuk penerbangan.
Joseph
Beuys pernah berkata bahwa gunung "dianggap sebagai psikologi dalam ...
merupakan nada tinggi kesadaran "Satu puncak Uhuru Kilimanjaro disebut,
berarti Kebebasan., dan cocok mereka semua, tapi mungkin tempat di
dunia ini ada pertemuan yang lebih menyentuh gunung dan kebebasan
daripada di Highlands Papua Barat. Satu pemimpin suku berkata kepadaku:
"Orang luar dapat mengintimidasi kami, tetapi kita tahu bahwa kita
dilahirkan dengan kebebasan" orang lain komentar.: "Kebebasan adalah
salah satu hak dari Tuhan. Ini seperti cinta; tidak akan ada yang
menghentikannya "Tanya tentang ubi jalar dan laki-laki akan bercerita
tentang kebebasan, merdeka.. Sebutkan babi dan mereka akan berbicara
dengan Anda tentang kemerdekaan. (Dan jika Anda tahu apa-apa tentang
Papua, Anda akan tahu bagaimana sayang kepada mereka adalah wriggly
berlekuk-lekuk babi dan babi mendengus) Merdeka. Didefinisikan secara
luas oleh orang-orang Papua dan maknanya termasuk jenis keselamatan
ilahi dan kemerdekaan politik; itu akan datang seperti kilat dan memukul
sekeras lonceng di malam hari, lonceng kebebasan yang Bob Dylan bisa
ditulis dengan Papua Barat dalam pikiran: badai di tengah malam yang
menetapkan bebas yang tertindas. Aku tidak pernah melihat ini sehingga
jelas sebagai hari saya dibawa ke sebuah benteng OPM di hutan. OPM
singkatan dari Organisasi Papua Merdeka, yang "Gerakan Papua Merdeka,"
pejuang kebebasan memerangi invasi Indonesia ke Papua Barat dan genosida
berikutnya Papua, sebuah genosida rajin didukung oleh perusahaan
Inggris dan Amerika dan pedagang senjata.
(Gereja-gereja
Katolik dapat sangat mendukung perjuangan Papua, tidak begitu para
misionaris Protestan fundamentalis. Komandan berkata terus terang bahwa
misionaris mendukung pemerintah Indonesia pembunuh yang, pada
gilirannya, mendukung para misionaris. Saya bertemu puluhan
fundamentalis Protestan di Papua Barat , dan hanya satu pikiran bahwa
Papua harus bebas di tanah mereka sendiri) Di Papua Barat., mereka
mengatakan semua orang adalah anggota OPM: setiap pria, wanita dan anak,
di dalam hati mereka. Tapi aku tidak tahu apa yang tentara OPM akan
seperti. Dekat dengan kompleks, bendera Papua, sang Bintang Fajar,
berani mengibas tertiup angin. Di dalam kompleks, ada suasana kemurnian
dan ketenangan: itu tenang dan memerintahkan dan lembut, tersenyum
kepala lebih seorang pendeta dari seorang pemimpin militer. Jauh dari
mengunjungi sekelompok desperadoes, ini seperti berada di gereja.
Komandan, tenang dan karismatik, berdoa untuk uang untuk membeli senjata
- bawalah aku haluan saya dari emas terbakar, membawa saya panah saya
keinginan - karena semua yang mereka miliki busur dan anak panah kayu
yang berjuang untuk kebebasan. "Anda tidak melihat banyak orang seusia
saya," kata seorang pria yang lebih tua di benteng, "karena begitu
banyak orang usia saya telah membunuh" berbicara. Dia tahun 1977, ketika
militer Indonesia banyak mengebom desa-desa pegunungan di balasan atas
permintaan mereka untuk kemerdekaan. "Kebanyakan teman saya tewas,"
katanya singkat.
"Janji
terakhir kami kepada Anda adalah bahwa kita akan berjuang untuk
kebebasan kita meskipun kita mati untuk itu" Die mereka lakukan.. Papua
panggilan bendera mereka, "Kebebasan Bendera" dan militer Indonesia
sering menembak orang untuk terbang itu. "Orang tidak peduli apakah
mereka ditembak lagi," kata seorang perwakilan OPM. "Sepertinya
kebebasan sudah di tangan mereka" Seorang pria mengangkat bendera
menantang dan ditembak mati.. Adegan telah dimainkan ratusan kali -
simbol, bendera, untuk abstraksi, kebebasan, ternyata jadi sia-sia sikap
tetapi sebenarnya lebih berharga daripada kehidupan di teater jiwa
manusia. Busur dan anak panah di tangan kanannya dan Bintang Fajar di
kiri, ia menatap ke luar kematian ke bawah laras senapan Inggris. Dan
dia tertawa di peluru, bebas di luar takut mati. Dia juxtaposes
kebebasan dengan penindasan, gerakan bintang-terikat melonjak dan
penggertak cemberut yang senjata dia. Penulis gerak daun ini karya
teater, menghina membeli tiket saat ia pergi, melemparkan tubuhnya
sendiri yang sudah meninggal seperti receh di panitera box office.
Pegunungan
adalah tempat klasik kebebasan politik, rumah pejuang kemerdekaan,
gerakan kemerdekaan dan perampok, dan politik di seluruh dunia.
Menentang pendudukan, orang-orang Papua melarikan diri ke bukit untuk
keselamatan dan meskipun Indonesia telah membakar hutan dan mengebom
desa-desa, mereka tidak dapat mengontrol Highlands. Di Sulawesi Utara,
kebebasan pejuang melawan Belanda melarikan diri ke gunung berapi Gunung
Klabat. Gunung Kelimutu di Flores, dekat Timor Timur, diadopsi sebagai
simbol gerakan kemerdekaan Timor Timur.
Pulau
Dominika sangat bergunung-gunung dan untuk alasan ini menjadi benteng
bagi masyarakat adat yang melarikan diri dari penjajahan yang
berlangsung di semua pulau sekitarnya. Perang Aljazair pembebasan
dimulai di padang gurun gunung Aurès. Di Afghanistan ada Pashtun
mengatakan: "Jadilah jinak di kota dan pemberontak di pegunungan" Pada
akhir 1950-an, Kuba muda pergi ke pegunungan Escambray dan kemudian
bergabung dengan pejuang Fidel Castro; dari sana mereka melawan
kediktatoran Batista.. Pyrenees telah lama menjadi perlindungan bagi
perbedaan pendapat politik dan agama: setelah 1968, ratusan demonstran
Prancis kecewa pergi ke pegunungan. Dan, tentu saja, pejuang Zapatista
beroperasi dari pegunungan Chiapas. Romantisisme dipahami dengan baik
hubungan antara pegunungan dan pejuang kebebasan. Shelley, pendukung
kebebasan republik, melihat kebebasan di pegunungan, "angin chainless"
dalam puisinya "Mont Blanc". Byron, menonton pegunungan di Marathon,
Yunani bermimpi bahwa mungkin bebas. ("Great hal yang dilakukan ketika
bertemu laki-laki dan pegunungan.") Pemberontak, buangan, perampok, dan
pejuang kebebasan - dan semua mereka yang simpati dengan mereka - tahu
bahwa tanah liar adalah benteng terakhir untuk oposisi: padang gurun
gunung adalah tujuan bagi semua korelatif mereka yang menuntut kebebasan
politik. Di pegunungan, kami tidak dapat dikendalikan atau diawasi atau
tenang.
Jadi
menangis itu berteriak pemberontak di seluruh pegunungan dunia, dan
pinggiran kota, tanah liat lunak untuk fasisme, bisa pergi ke neraka.
Tapi "kebebasan" telah dicuri, berubah menjadi kata-F. Pemalsuan itu
adalah geopolitik ironi besar, sebuah deklarasi universal terletak
seperti Amerika Serikat, tanah bebas yang lebih banyak memenjarakan
penduduknya sendiri daripada bangsa lain, memberlakukan kebebasan - di
bawah todongan senjata. Jadi kebebasan, tentu paling udara kata-kata,
sekarang istilah, jahat berat, sebuah, berlaras dua over-load, shotgun
merusak collaterally-kata. The Me (Kapauku) orang menolak untuk
menyetujui praktek penjara, mengakui bahwa kebebasan berarti hidup itu
sendiri. Dalam terminologi penjara, sebaliknya, "berarti hidup hidup"
Bagaimana kejam. Lelucon itu? Politisi dan kata benda abstrak tidak
campuran. Mereka seharusnya tidak diperbolehkan berada di dekat mereka.
Mereka korup mereka, twist mereka, mengubah mereka luar-dalam
Ketika
George Bush intones konsep-konsep abstrak itu (memenangkan hati dan
pikiran untuk Pax Americana sementara Amerika Serikat telah resmi
bergabung dengan daftar rezim opresif) dia mulutnya di belakang dan
label mencuat dari pikirannya. Ketika ia berbicara tentang kebebasan di
atas semua memang ada sebuah rendition luar biasa - bahasa. Bahasa
adalah salah satu hal yang paling bebas yang ada. kamus Tidak dapat
berisi itu, akademi tidak dapat sangkar itu. Tapi sekarang bahasa
ditawan, kata "kebebasan" adalah ditelanjangi dan mengenakan setelan
melompat jeruk, tercekik dalam sel di Guantanamo Bay. Sebuah kata
disiksa, kata marah dengan pelecehan, kata yang dibuat skizofrenia oleh
dusta, kata yang diberikan kepada usaha bunuh diri ("perilaku yang
merugikan diri manipulatif" menurut manajemen penjara) Dan. Tanda di
depan Teluk Guantanamo berbunyi "Mulia Bound Untuk Mempertahankan
Kebebasan "Seperti jika.. Permintaan kebebasan adalah universal dan
politik, tetapi juga sangat pribadi, dan satu yang dapat memerlukan
keberanian untuk mengikuti. Ini bisa berarti kesepian, kemiskinan,
penghinaan, karena kita hidup di dunia dimana benci dikurung bebas.
kebebasan Baku hurls Anda teror dan bertanya-tanya, menulis puisi kejam
dalam hidup Anda. Kebebasan, uncathedralable, ortodoksi membenci apa
pun, untuk menyapu jalan yang sepi menuju puncak, tidak ada peta,
panduan, tidak ada Tuhan di tumit Anda. Apakah Anda memiliki keberanian
untuk itu? Apakah saya? Untuk kembang api dan tak kenal ampun, untuk
perjudian tersebut; puncak atau jurang? Ace atau dua? Jika Anda ingin
bermain aman, Anda sebaiknya tidak datang ke sini, ke lokasi kebebasan
untuk kedua pemberontak politik dan sosial.
kebebasan
gila dan manik dan disalahpahami, misfit dan seniman, dan penyair
anarkis. Kebebasan bukanlah kebalikan dari Kebutuhan tapi itu sendiri
merupakan kebutuhan, kepala batu listrik dan tiba-tiba: sebuah paradoks
tapi satu-satunya yang meninggalkan jiwa manusia utuh. Tidak ada
kompromi. Kebebasan tidak sopan. Itu tidak terbentur atau telepon
pertama. Its membanting tangannya di atas meja Anda dan mengatakan Dance
- sebagai fiddler gila, jari-jarinya berdarah pada string, memainkan
sebuah syair ratapan dengan kecepatan dari wals sembrono sampai langit
rusak menangis. Kebebasan adalah absolut. "Saya sangat mencintai
kebebasan," tulis Montaigne, "bahwa jika seseorang melarang saya akses
ke sudut terjauh Hindia aku harus merasa diriku sedikit terjepit masuk"
modern, urban, masyarakat berorientasi kerja mengajar orang bahwa
kebebasan adalah sesuatu yang Anda mengatasi , seperti Huck Finn, arung
jeram menyusuri sungai, bersinar, lancar dan bebas sebelum ia dibendung
oleh dewasa. kebebasan bawaan kami tumpul dan redup, mematikan dan
direndahkan oleh detail dan tenggat waktu dan kehati-hatian dan jam.
Tapi gemuruh di balik semua ini, masih, kebebasan menggeram di senja.
Kebebasan adalah karena hidup adalah, dan yang paling hidup adalah
paling bebas.