Home » » DEWAN GEREJA PASIFIK LUNCURKAN DUKUNGAN DEKOLONISASI PAPUA BARAT

DEWAN GEREJA PASIFIK LUNCURKAN DUKUNGAN DEKOLONISASI PAPUA BARAT

Written By hipmakadeja malang on Minggu, 09 Februari 2014 | 22.42

DEWAN GEREJA PASIFIK LUNCURKAN DUKUNGAN DEKOLONISASI PAPUA BARAT


12 Pemimpin Gereja dari negara-negara Pasifik telah menandatangani petisi yang menyerukan Dewan Gereja Dunia untuk mengirim misi pencari fakta ke wilayah yang dikuasai Indonesia dan membentuk komisi khusus untuk menangani masalah ini.


utusan gereja Papua Barat yang hadir dalam sidang majelis Gereja se Dunia ini, didukung oleh Sekretariat Dewan Gereja Pasifik, telah mengedarkan petisi yang berisi tuntutan : 1. Segera mengakhiri penangkapan sewenang-wenang, penahanan, kebrutalan, penyiksaan dan penganiayaan oleh pasukan keamanan Indonesia terhadap rakyat Papua Barat; 2. Dukungan penuh terhadap Hak Papua untuk menentukan nasib sendiri dan hak-hak mereka untuk menjalankan kebebasan politik.” demikian rilis Dewan Gereja Pasifik tentang petisi yang diedarkan dalam sidang Majelis Gereja se Dunia ke-10 yang sedang berlangsung di Busan, Korea Selatan.,

Rilis yang yang diterima redaksi Jubi, Rabu (06/11) ini menyebutkan petisi ini juga meminta Papua Barat dimasukkan dalam daftar wilayah program dekolonisasi PBB.

Petisi ini, diluncurkan menyusul pengumuman gereja-gereja Papua Barat yang mengutarakan niat mereka untuk bergabung dengan Konferensi Gereja Pasifik sebagai anggota penuh setelah sidang.

Dewan Gereja Pasifik mengatakan mereka menyadari keinginan rakyat Papua Barat untuk menentukan kebebasan dan nasib mereka sendiri sejak 1969 ketika Indonesia menginvasi dan mencaplok wilayah tersebut.

Sejak itu lebih dari 100.000 orang Papua Barat telah dibunuh oleh pasukan Indonesia yang bertanggung jawab atas tindakan penyiksaan, penangkapan sewenang-wenang dan kebrutalan umum pada penduduk asli Papua.

“Kami para delegasi dan peserta dari Majelis ke-10 World Council of Churches mendukung hak rakyat Papua Barat untuk menentukan nasib sendiri dan kebebasan dari penindasan,” kata petisi itu.

Dalam sidang Majelis Gereja se Dunia ini, situasi di Papua Barat mendapatkan perhatian setelah ditampilkan dalam Pameran Busan dan Pusat Sidang melalui advokasi para delegasi Gereja Papua Barat. (Jubi/Victor Mambor)

http://tabloidjubi.com/2013/11/06/de...i-papua-barat/
========================================================================

Wah Mbahnya Teroris Mau Ngobok2 Indonesia Nih
Share this article :

Links Anda Disamping Kiri Warna Orange

Blogger Tips and TricksLatest Tips And TricksBlogger Tricks